3
|
Peserta didik mampu memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan jenis-jenis segitiga
|
a. Jenis segitiga menurut sudutnya
b. Jenis segitiga menurut sisinya.
|
1.1 Menentukan jenis segitiga menurut sudutnya
1.2 Menentukan Jenis segitiga menurut sisinya.
1.3 Menentukan Jenis segitiga menurut sudut dan sisinya
|
VII
SK 6
KD 6.1
|
2. Menentukan garis-garis istimewa pada segitiga
|
Garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu
|
2.1 Menyebutkan nama-nama garis istimewa pada segitiga
2.2 Menyebutkan urutan dalam melukis garis-garis istimewa pada segitiga jika diberikan gambar langkah-langkah lukisan
|
VII
SK 6
KD 6.4
|
3. Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
|
Soal-soal yang penyelesaiaanya menggunakan Pythagoras
|
3.1 Menentukan bilangan-bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras
3.2 Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
3.3 Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep teorema Pythagoras
|
VII
SK 6
KD 6.2
|
4. Menghitung luas gabungan dua bangun datar
|
a. Luas gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar
|
4.1 Menghitung luas gabungan beberapa
bangun datar
4.2 Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan gabungan luas bangun datar
4.3 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan gabungan luas bangun datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
5. Menghitung keliling gabungan dua bangun datar dan menggunakan konsep keliling bangun datar dalam kehidupan sehari-hari
|
a. Keliling gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan keliling
bangun datar segi 4
|
5.1. Menghitung keliling gabungan beberapa
bangun datar
5.2. Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
6. Menghitung besar sudut yang melibatkan sudut dalam dan sudut luar segitiga
|
Sudut dalam dan sudut luar segitiga
|
6.1 Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar bila unsur-unsur yang lain diketahui
6.2 Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar yang melibatkan variabel bila unsur-unsur yang lain diketahui
|
VII
SK 6
KD 6.1
|
|
|
7. Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan garis lain.
|
Sudut-sudut pada dua garis sejajar
(bersisian, bertolak belakang, sehadap, dalam bereberangan, luar berseberangan dalam sepihak dan luar sepihak)
|
7.1 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui
7.2 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain yang melibatkan variabel dan persamaan
|
VII
SK 5
KD 5.2
|
8. Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
|
Hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
|
8.1 Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling.
8.2 Menyelesaikan masalah berkaitan besar sudut pusat dan sudut keliling
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
9. Menghitung besar sudut yang saling berpelurus atau berpenyiku
|
Dua sudut saling berpelurus atau dua sudut saling berpenyiku
|
9.1 Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
8.2 Menyelesaikan soal berkaitan dengan sudut berpelurus/berpenyiku menggunakan persamaan
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
10. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan garis singgung lingkaran
|
a. Garis singgung dari sebuah titik di luar lingkaran
b. Garis singgung persekutuan dalam
c. Garis singgung persekutuan luar
|
10.1 Menghitung panjang garis singgung dari sebuah titik di luar lingkaran
10.2 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
10.3 Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
10.4 Menghitung jarak 2 titik pusat atau jari-jari dari salah satu lingkaran
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
11. Menghitung luas juring lingkaran dari unsur yang diketahui
|
a. Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
b. Diketahui dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring
|
11.1 Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran
11.2 Menghitung luas juring dengan sudut pusat tertentu jika diberikan luas juring dengan sudut pusat tertentu yang lain
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
12. Menghitung panjang busur lingkaran dari unsur yang diketahui
|
a. Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
b. Diketahui dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring
|
12.1 Menghitung pajang busur jika diberikan besar sudut keliling dan jari-jari lingkaran
12.2 Menghitung panjang busur jika diberikan dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
|
|
13. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan .
|
a. Identifikasi kesebangunan
b. Menyelesaikan masalah berkaitan konsep kesebangunan
(Aplikasi atau pengembangan)
|
13.1 Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
13.2 Menentukan sudut-sudut yang sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
13.2 Menghitung panjang sisi pada dua bangun yang sebangun
13.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan kesebangunan
dengan kesebangunan
|
IX
SK 1
KD 1.1, dan 1.2,
|
14. Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kesebangunan dua trapesium sebangun
|
a. Menghitung panjang ruas garis pada 2 trapesium sebangun
b. Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis pada pada trapezium
|
14.1 Menghitung panjang ruas garis pada 2 trapesium sebangun
14.2 Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis pada pada trapezium
|
IX
SK 1
KD 1.3
|
15. Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kongruensi .
|
a. Identifikasi kongruensi
b. Menentukan syarat kongruensi
|
14.1 Menentukan banyak pasangan segitiga kongruen, jika diberikan gambar yang memuat
beberapa pasang segitiga kongruen
14.2 Menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika diberikan gambar dua segitiga kongruen
14.3 Menentukan panjang sisi menggunakan konsep kekongruenan
14.4 Menentukan syarat dua segitiga kongruen
|
IX
SK 1
KD 1.1, dan 1.2
|
16. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung
|
Menentukan unsur-unsur pada kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola
|
16.1 Menentukan banyak sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
16.2. Menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas
16.3 Menentukan banyak rusuk atau sisi pada kerucut atau tabung
|
VIII
SK 5 KD 5.1, 5.2, 5.3
dan IX
SK 5
KD 5.1, 5.2 dan 5.3
|
|
|
17. Menyelesaikan soal jaring-jaring bangun ruang sisi datar
|
Menyelesaikan soal tentang jaring-jaring kubus atau balok
|
17.1 Menentukan jaring-jaring kubus atau balok, jika diberikan gambar rangkaian persegi atau persegipanjang
17.2 Menentukan jaring-jaring limas segi-n, jika diberikan rangkaian segi n dan n segitiga
17.3 Diberikan gambar rangkaian persegi,
siswa dapat menentukan persegi yang
merupakan alas bila tutupnya diketahui dari jaring-jaring kubus
|
VIII
SK 5 KD 5.1,
IX
SK 2
KD 5.2
|
18. Menyelesaikan soal berkaitan dengan model kerangka bangun ruang
|
Menyelesaikan soal berkaitan dengan model kerangka bangun ruang
|
18.1 Menentukan panjang diagonal ruang dari balok bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
18.2 Menentukan jumlah panjang rusuk dari limas segi n beraturan bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
18.3 Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan model kerangka bangun ruang
|
IX
SK 5
KD 2.1
|
19. Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
19.1 Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
19.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
19.3 Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
19.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
|
VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
|
20. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
|
20.1 Menghitung luas permukaan salah satu dari kubus, balok, prisma, atau limas ika unsur yang diperlukan diketahui
20.2 Menghitung luas permukaan kerucut, tabung atau bola
20.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
20.4 Menghitung luas permukaan gabungan 2 bangun tabung, kerucut, atau bola
20.5 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung
|
VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
|
4
|
Peserta didik mampu memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
a. Mean, median dan modus sebuah data
b. Mean, median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c. Menafsirkan data pada tabel frekuensi
d. Aplikasi
|
1.1. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal
1.2. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
1.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
1.4 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
|
IX
SK 3
KD 3.1
|
2. Menyajikan dan menafsirkan data .
|
a. Diagram lingkaran, garis dan batang
|
2.1 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
2.2 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
2.3 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram garis
|
IX
SK 3
KD 3.2
|
5.
|
Peserta didik mampu memahami konsep peluang suatu kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
|
Titik sampel dan ruang sampel suatu percobaan
|
1.1 Menentukan banyaknya titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
1.2 Menentukan banyaknya titik sampel suatu percobaan
1.3 Menentukan banyaknya susunan bilangan yang mungkin
|
IX
SK 3
KD 3.1;3.2
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
|
a. Peluang suatu kejadian
b. Aplikasi
|
2.1 Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan
2.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang
|
IX
SK 4
KD 4.1;4.2
|
|
|
|
|
|
|
|