HASIL ANALISIS SKL DAN SI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
SEKOLAH : SMP/MTs
KURIKULUM : STANDAR ISI
N0. SKL ALTERNATIF INDIKATOR URAIAN INDIKATOR INDIKATOR SOAL KETERANGAN SK/KD TERKAIT
1. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat a. Konsep operasi campuran
b. Aplikasi
1.1. Menghitung hasil operasi campuran
bilangan bulat.
1.2. Menyelesaikan soal cerita yang
menggunakan operasi hitung bilangan bulat VII/I
SK I
1.1; 1.2
2. Menghitung operasi tambah, kurang , kali dan bagi pada bilangan pecahan a. Konsep operasi campuran
b. Aplikasi
2.1 Menghitung hasil operasi campuran bilangan pecahan
2.2. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan operasi hitung bilangan pecahan
VII/I
SK I
1.1; 1.2
3. Mengurutkan pecahan, jika diberikan beberapa jenis pecahan
a. Urutan pecahan (dengan jenis pecahan berbeda-beda)
3.1 Mengurutkan pecahan jika diberikan beberapa jenis pecahan
3.2 Menentukan beberapa pecahan diantara dua jenis bilangan pecahan yang diberikan VII/I
SK I
1.1; 1.2
4. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
a. Menentukan bentuk akar ke Pangkat Pecahan dan sebaliknya
b. Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau pecahan
c. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
d. Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
e. Menyedaerhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar 4.1 Menentukan bentuk akar ke pangkat pecahan dan sebaliknya
4.2 Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau pecahan
4.3 Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
4.4 Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
4.5 Menyederhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar VII/I
SK I
1.1; 1.2
5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan perbandingan
a. Skala
b. Perbandingan senilai
c. Perbandingan berbalik nilai
d. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
5.1 Menentukan salah satu dari skala, jarak peta atau jarak sebenarnya
5.2 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai
5.3 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
5.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan perbandingan VII/I
SK 3
3.4
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual-beli a. Persentase untung/rugi
b. Harga penjualan atau pembelian 6.1 Menentukan persentase untung atau rugi
6.2 Menentukan harga penjualan atau pembelian VII/I
SK 3
3.3
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
a. Angsuran/bulan
b. Waktu/lama
c. Bunga pertahun
d. Besar tabungan awal
7.1 Menentukan besar tabungan awal
7.2 Menentukan besar bunga pertahun
7.3 Menentukan waktu atau lama menabung dalan perbankan
7.4 Menentukan persentase bunga dalam perbankan
7.5 Menentukan besar angsuran setiap bulan
pada koperasi. VII/I
SK 3
3.3
8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menentukan suku ke-n suatu barisan a. Menentukan Un, jika rumus Un diketahui
b. Menentukan rumus Un
8.1 Menentukan suku ke-n barisan bilangan
8.2 Menentukan rumus ke-n barisan bilangan
8.3 Menyelesaikan soal tentang gambar berpola IX/II
6.1
9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan aritmatika dan geometri
a. Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilanga aritmatika atau geometri
b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan aritmatika atau geometri
9.1 Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilanga aritmatika
9.2 Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan geometri 2
9.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan aritmatika
9.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan geometri IX/II
6.2;6.3;6.4
10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan deret
a. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika atau geometri, jika unsur yang diperlukan diketahui
b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika atau geometri
10.1 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur yang diperlukan diketahui
10.2 Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri , jika unsur yang diperlukan diketahui
10.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
10.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret geometri IX/II
6.2;6.3;6.4
1. Mengalikan bentuk aljabar a. Perkalian suku satu dengan suku satu
b. Perkalian suku dua dengan suku dua 1.1 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku satu dengan suku dua.
1.2 Menentukan hasil perkalian suku dua dengan suku dua VII/
SK 2
KD 2.2
2. Menghitung operasi tambah, kurang, kali dan bagi atau kuadrat bentuk aljabar a. Menyederhanakan suku-suku
b. Kuadrat suku dua
2.1 Menentukan hasil operasi hitung aljabar
2.2 Menentukan kuadrat bentuk aljabar.
VII/
SK 2
KD 2.2
3. Menyederhanakan bentuk pecahan aljabar dengan memfaktorkan atau Pemfaktoran a. Memfaktorkan
b. Menyederhanakan pecahan dengan memfaktorkan 3.1 Memfaktorkan dari suku dua atau suku tiga bentuk aljabar
3.2 Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
3.3 Menyederhanakan bentuk pecahan aljabar dengan memfaktorkan .
VII/
SK 2
KD 2.2
4. Menyelesaikan persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan Menyelesaikan persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan 4.1 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan
4.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel VII/
SK 2
KD 2.3
5. Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel
a. Pertidaksamaan linier satu variabel
b. Persamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan
5.1 Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan linier satu variabel
5.2 Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
5.3 Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel dalam bentuk pecahan VII/
SK 2
KD 2.4
6. Menentukan operasi dua himpunan Irisan, gabungan, komplemen, atau pengurangan dua himpunan 7.1 Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan.
7.2 Menentukan penguangan dua himpunan
VII
SK 4
KD 4.3
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan a. Aplikasi
8.1 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
VII
SK 4
KD 4.3
8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi atau fungsi
a. Domain, codomain dan range
b. Konsep relasi/fungsi
c. Nilai fungsi
9.1 Menentukan relasi yang menghubungkan
dua himpunan
9.2 Menentukan diagram panah/himpunan
pasangan berurutan/diagram cartesius
yang merupakan pemetaan/fungsi
9.3 Menentukan nilai fungsi f( c ) , jika f (a ), f ( b ) dan rumus fungsi diketahui
9.4 Menentukan nilai c, jika nilai f(c) dan rumus fungsi diketahui VIII
SK 1
KD 1.3
10 Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya a. Gradien
b. Persamaan garis
c. Grafik
10.1 Menentukan gradien garis
10.2 Menentukan persamaan garis
10.3 Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain
10.4 Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya VIII
SK 1
KD 1.4; 1.6
10 Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) a. Konsep
10.1 Menentukan penyelesaian dari SPLDV
VIII
SK 2
KD 2.1
11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV Aplikasi
11.1 Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan SPLDV
VIII
SK 2
KD 2.3
1. Menentukan jenis-jenis segitiga
a. Jenis segitiga menurut sudutnya
b. Jenis segitiga menurut sisinya. 1.1 Menentukan jenis segitiga menurut sudutnya
1.2 Menentukan Jenis segitiga menurut sisinya.
1.3 Menentukan Jenis segitiga menurut sudut dan sisinya VII
SK 6
KD 6.1
2. Menentukan garis-garis istimewa pada segitiga
Garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu
2.1 Menyebutkan nama-nama garis istimewa pada segitiga
2.2 Menyebutkan urutan dalam melukis garis-garis istimewa pada segitiga jika diberikan gambar langkah-langkah lukisan VII
SK 6
KD 6.4
3. Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
Soal-soal yang penyelesaiaanya menggunakan Pythagoras
3.1 Menentukan bilangan-bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras
3.2 Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
3.3 Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep teorema Pythagoras
VII
SK 6
KD 6.2
4. Menghitung luas gabungan dua bangun datar
a. Luas gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar 4.1 Menghitung luas gabungan beberapa
bangun datar
4.2 Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan gabungan luas bangun datar
4.3 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan gabungan luas bangun datar VII
SK 6
KD 6.3
5. Menghitung keliling gabungan dua bangun datar dan menggunakan konsep keliling bangun datar dalam kehidupan sehari-hari a. Keliling gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan keliling
bangun datar segi 4 5.1. Menghitung keliling gabungan beberapa
bangun datar
5.2. Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
VII
SK 6
KD 6.3
6. Menghitung besar sudut yang melibatkan sudut dalam dan sudut luar segitiga Sudut dalam dan sudut luar segitiga
6.1 Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar bila unsur-unsur yang lain diketahui
6.2 Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar yang melibatkan variabel bila unsur-unsur yang lain diketahui VII
SK 6
KD 6.1
7. Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan garis lain. Sudut-sudut pada dua garis sejajar
(bersisian, bertolak belakang, sehadap, dalam bereberangan, luar berseberangan dalam sepihak dan luar sepihak) 7.1 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui
7.2 Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain yang melibatkan variabel dan persamaan VII
SK 5
KD 5.2
8. Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
Hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
8.1 Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling.
8.2 Menyelesaikan masalah berkaitan besar sudut pusat dan sudut keliling VIII
SK 4
KD 4.3
9. Menghitung besar sudut yang saling berpelurus atau berpenyiku Dua sudut saling berpelurus atau dua sudut saling berpenyiku
9.1 Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus
8.2 Menyelesaikan soal berkaitan dengan sudut berpelurus/berpenyiku menggunakan persamaan VIII
SK 4
KD 4.3
10. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan garis singgung lingkaran
a. Garis singgung dari sebuah titik di luar lingkaran
b. Garis singgung persekutuan dalam
c. Garis singgung persekutuan luar 10.1 Menghitung panjang garis singgung dari sebuah titik di luar lingkaran
10.2 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
10.3 Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
10.4 Menghitung jarak 2 titik pusat atau jari-jari dari salah satu lingkaran VIII
SK 4
KD 4.3
11. Menghitung luas juring lingkaran dari unsur yang diketahui
a. Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
b. Diketahui dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring
11.1 Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran
11.2 Menghitung luas juring dengan sudut pusat tertentu jika diberikan luas juring dengan sudut pusat tertentu yang lain VIII
SK 4
KD 4.3
12. Menghitung panjang busur lingkaran dari unsur yang diketahui a. Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
b. Diketahui dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring 12.1 Menghitung pajang busur jika diberikan besar sudut keliling dan jari-jari lingkaran
12.2 Menghitung panjang busur jika diberikan dua sudut pusat juring dan salah satu luas juring VIII
SK 4
KD 4.3
13. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan .
a. Identifikasi kesebangunan
b. Menyelesaikan masalah berkaitan konsep kesebangunan
(Aplikasi atau pengembangan) 13.1 Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
13.2 Menentukan sudut-sudut yang sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun
13.2 Menghitung panjang sisi pada dua bangun yang sebangun
13.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan kesebangunan
dengan kesebangunan
IX
SK 1
KD 1.1, dan 1.2,
14. Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kesebangunan dua trapesium sebangun
a. Menghitung panjang ruas garis pada 2 trapesium sebangun
b. Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis pada pada trapezium 14.1 Menghitung panjang ruas garis pada 2 trapesium sebangun
14.2 Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis pada pada trapezium IX
SK 1
KD 1.3
15. Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kongruensi .
a. Identifikasi kongruensi
b. Menentukan syarat kongruensi 14.1 Menentukan banyak pasangan segitiga kongruen, jika diberikan gambar yang memuat
beberapa pasang segitiga kongruen
14.2 Menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika diberikan gambar dua segitiga kongruen
14.3 Menentukan panjang sisi menggunakan konsep kekongruenan
14.4 Menentukan syarat dua segitiga kongruen IX
SK 1
KD 1.1, dan 1.2
16. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung Menentukan unsur-unsur pada kubus, balok, tabung, kerucut, dan bola 16.1 Menentukan banyak sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
16.2. Menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas
16.3 Menentukan banyak rusuk atau sisi pada kerucut atau tabung VIII
SK 5 KD 5.1, 5.2, 5.3
dan IX
SK 5
KD 5.1, 5.2 dan 5.3
17. Menyelesaikan soal jaring-jaring bangun ruang sisi datar
Menyelesaikan soal tentang jaring-jaring kubus atau balok
17.1 Menentukan jaring-jaring kubus atau balok, jika diberikan gambar rangkaian persegi atau persegipanjang
17.2 Menentukan jaring-jaring limas segi-n, jika diberikan rangkaian segi n dan n segitiga
17.3 Diberikan gambar rangkaian persegi,
siswa dapat menentukan persegi yang
merupakan alas bila tutupnya diketahui dari jaring-jaring kubus VIII
SK 5 KD 5.1,
IX
SK 2
KD 5.2
18. Menyelesaikan soal berkaitan dengan model kerangka bangun ruang Menyelesaikan soal berkaitan dengan model kerangka bangun ruang 18.1 Menentukan panjang diagonal ruang dari balok bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
18.2 Menentukan jumlah panjang rusuk dari limas segi n beraturan bila unsur-unsur yang diperlukan diketahui
18.3 Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan model kerangka bangun ruang IX
SK 5
KD 2.1
19. Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
19.1 Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
19.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
19.3 Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
19.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
20. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
20.1 Menghitung luas permukaan salah satu dari kubus, balok, prisma, atau limas ika unsur yang diperlukan diketahui
20.2 Menghitung luas permukaan kerucut, tabung atau bola
20.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
20.4 Menghitung luas permukaan gabungan 2 bangun tabung, kerucut, atau bola
20.5 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
1. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
a. Mean, median dan modus sebuah data
b. Mean, median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c. Menafsirkan data pada tabel frekuensi
d. Aplikasi 1.1. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal
1.2. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
1.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
1.4 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
IX
SK 3
KD 3.1
2. Menyajikan dan menafsirkan data .
a. Diagram lingkaran, garis dan batang
2.1 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
2.2 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
2.3 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram garis IX
SK 3
KD 3.2
1. Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
Titik sampel dan ruang sampel suatu percobaan
1.1 Menentukan banyaknya titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
1.2 Menentukan banyaknya titik sampel suatu percobaan
1.3 Menentukan banyaknya susunan bilangan yang mungkin IX
SK 3
KD 3.1;3.2
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian a. Peluang suatu kejadian
b. Aplikasi
2.1 Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan
2.2 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang IX
SK 4
KD 4.1;4.2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar